welcome to the journalist's confession blog .. di blog ini kalian akan banyak membaca hal-hal tentang kehidupan, ada senang ada sedih dan tentunya yang mengharu-pink hahahaha ... happy reading all :) special thanks to: my mom, my dad, my brother, my lovely niece Nadira Az-Zahra, my soulpowers (Dinda Aulia (merindukanmu sangat!), Mas Angga Pray & adik2 (sayang, sayang, sayang kalian .. i love u, all),jeng Fera, Fadh Adityo (Mas Yinyang, semoga aq sampai Frankfurt liburan ini, aminn!), Mas Ernanda (kangeeenn mas), Widi Prastomo (makasi yah coach buat semuanya selama ini..u're my TRULY COACH! makasi yah .. jgn lp bawa&pake jaketnya tiap coaching dan jalan), Lestyo Ari (pa coding hansipku), Ocal (cal, bikin hidup ku spy ga monoton lg), Erlangga Dwi Kumoro (dut, kangennn km blg "dasar miss Sibuk"), Raynaldo Christo (wee .. Ariel masa depan nih), Arga Gerard, Aditya Utama, Ibi Berry, Dwiky arhansa, Ocke Adenri (tak tahan melihatmu .. "diproses" yey! semangat yah och rajin!), Ira Sadrina (makasi yah ra .. untuk semuanya selama ini), Dea Davita Dewi(dea, makasi yah ud ingetin aq mkn dan istrht trs..makasi jg untuk sesi curhat tiap mlmnya..sayang dea!), Novi Zerlina (ade, makasi yah ud jd ade yg baikk, sll jd baik dan cerdas yah de! sukses u/ putih abu2nya! laffu!), my friends (PR 10-9C, Agnez, Anissa, Nia, 10-29C), Dosen LSPR (Mr. Apitzsch, Mr. Ari, Mrs. Roenfeld, etc), para OB, PLURKER (ayahku ^paksapi^, Ridu ^KakKelinci^, Nurie, Yudiezz, Boku, Algojo Batam-yosu, ArinChan, sekkaarr,etc) dan semuanya yang terlibat dalam hidup saya yang belum sempat saya sebutkan satu persatu disini .. thanks all for the greatest experience .. once again HAPPY READING :) and hope u enjoy the blog .. I LOVE U, ALL :)

Kamis, 30 Juli 2009

the deadly Schizophrenia ..

ada yang pernah dgr ttg penyakit ini? Schizophrenia .. (jujur aj, saya uda dgr dr bertahun2 lamanya dan saya br bnr2 tahu kalo penyakit ini berbahaya) .. saya ada sedikit artikel ttg Schizophrenia nih (ini khusus untuk kalian yg mau tahu seperti saya juga) :

Apa itu schizophrenia? Schizophrenia adalah kelainan otak yang kronis, parah dan membuatnya tidak berfungsi, dan telah dikenal orang disepanjang sejarah. Kelainan ini mempengaruhi sekitar 1 persen orang amerika. Orang dengan schizophrenia dapat mendengar suara yang tidak didengar orang lain atau mereka dapat percaya bahwa orang lain membaca pikiran mereka, mengendalikan pikiran mereka atau berencana menyakiti mereka. Pengalaman-pengalaman ini amat mengerikan dan dapat menyebabkan ketakutan, kecanduan atau kemarahan yang ekstrim. Orang dengan schizophrenia dapat berbicara yang tidak masuk akal, dapat duduk selama berjam-jam tanpa bergerak atau banyak bicara, atau dapat terlihat baik-baik saja sampai mereka mengatakan apa yang sebenarnya mereka pikirkan. Karena kebanyakan orang dengan schizophrenia memiliki kesulitan dalam bekerja atau mengurusi diri mereka sendiri, beban pada keluarga dan masyarakat menjadi cukup signifikan. Perawatan yang tersedia dapat melepaskan banyak dari gejala-gejala gangguan ini, namun kebanyakan orang yang mengalami schizophrenia harus tetap mengalami gangguan yang tersisa sepanjang hidup mereka. Meskipun demikian, ini adalah waktu pengharapan bagi para penderita schizophrenia dan keluarga mereka. Banyak orang yang mengidap kelainan ini sekarang mulai memperoleh hidup yang berarti dan dihargai dalam komunitas mereka. Para peneliti membangun pengobatan yang lebih efektif dan menggunakan peralatan riset baru untuk memahami penyebab schizophrenia dan untuk menemukan cara untuk mencegah dan menanganinya.Brosur ini menyediakan informasi gejala schizophrenia, kapan gejala timbul, bagaimana penyakit berkembang, perawatan yang mutakhir, dukungan untuk pasien dan orang-orang yang mereka cintai dan arah baru penelitian tentang schizophrenia.

Nah ngomongin soal penyakit ini, saya jd ingat seorang teman lama yang pernah mengeluhkan dirinya sebagai penderita Schizophrenia. tapi saya tidak 100% meyakini itu krn setahu saya dia belum pernah memeriksakan dirinya ke psikiater. Mungkin memang dia hanya menduga2 seperti kita pada umumnya yang selalu dgn mudah mengatakan "uhh! gue INSOMNIA" .. walau mungkin itu bukan insomnia tapi memang kebiasaan begadang.

Namun hari ini saya sedikit tercengang ketika tadi pagi sekitar pukul 10, kakak teman saya ini menelepon dan meng sms saya seraya meminta saya menyempatkan waktu untuk menemui Della (nama teman saya si penderita Schizophrenia). Jujur, jantung saya seakan berhenti dan sungguh tak menyangka. detaknya semakin kenccang tatkala saya memastikan apakah sms itu nyata atau hanya khayalan tingkat tinggi saya saja. Tapi, SERIUS .. ini nyata. seorang teman bahkan membantu meyakinkan saya kalau sms itu nyata.

Saya benar2 tak pernah menyangka kalau apa yang selama ini dikatakan oleh Della adalah benar2 nyata. Di sms itu kakak Della, meminta saya untuk menemui Della sehingga Dela dapat segera pulih dari Schizophrenia akutnya. Kali ini Della, benar2 sering merenung berjam-jam tanpa berkata apapun dan menangis diakhirnya. Huff..kasian Della! semoga Della lekas sembuh ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar